kebersamaan

kebersamaan
Ustadzah / pengasuh

Minggu, 24 Oktober 2010

Kegiatan Ekstra Renang

 Byurrrr,,,,,heemmm... dinginnya kolam renang SORLI ,,,,,,tapi menyenangkan,,,,

 Anak - anak sebagian sedang pemanasan & sebagian siap mulai berenang....


Manfaat Berenang
 
      Menurut psikolog perkembangan anak, Dra. Anita D Firdaus M.Psi., olahraga renang sangat dianjurkan untuk batita. Olahraga ini dapat membantu perkembangan fisik dan motorik anak. Biasanya kemajuan perkembangan ini akan sejalan dengan intensitas dan lamanya si kecil mengikuti kegiatan ini. Selain itu, perkembangan sosial emosionalnya pun terbangun. "Manfaat berenang yang cukup ensensial adalah menumbuhkan rasa percaya diri anak dan meluaskan lingkup sosialnya," 

      Seperti kegiatan lainnya, berenang adalah arena bermain dan ekplorasi kemampuan diri anak. Pada saat berenang si kecil akan dibantu untuk mengembangkan kemampuan motorik dan kekuatan tubuhnya. Selama belajar berenang, anak akan belajar menguasai keterampilan yang baru dan menyenangi koordinasi fisik yang baru. Anak juga mempelajari teknik keselamatan di air yang dapat mencegah kecelakaan.

     Selain itu, anak yang mengetahui cara berenang biasanya tidak akan takut dengan air. Hal ini berguna sampai ia dewasa. Beberapa orang dewasa yang tidak bisa berenang sering merasa ketakutan jika bepergian dengan perahu. Bahkan mereka akan selalu panik jika melihat anak berada di dekat kolam renang. "Ketakutan seperti ini dapat menimbulkan kelumpuhan emosional dan membatasi hubungan sosial," 


       Berenang adalah olahraga yang membutuhkan keberanian tinggi. Untuk menumbuhkannya tentu tidak mudah. Namun, bila keberanian itu sudah muncul dan anak mulai nyaman dengan olahraga ini, kepercayaan dirinya mulai tumbuh. Apalagi bila lingkungan sekitarnya cukup mendukung. Orangtua yang rajin berenang biasanya dapat 'menularkan' kepandaian ini dengan mudah pada anak. 
 
                                Langkah Praktis Mengajari Balita Berenang
  1. Ajak ia bermain di dekat air sedini mungkin.
  2. Mulailah berenang di kolam yang kecil, kolam khusus anak - anak.
  3. Dampingilah ia saat berada di dalam air.
  4. Bila ia mulai menunjukan rasa takut, segera angkat dari kolam.
  5. Ajaklah ke kolam renang minimal sebulan sekali.



 Berenang di KID'S Fun Jl.Wonosari


Ustadzah sedang membujuk & meyakinkan anak - anak yang takut berenang, Alhamdulillah semua anak berani mencoba,,,,,,HEBAT......!!!


Di edit oleh : Fik'afik saja


    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar